Selasa, 27 November 2012

Berdirinya Tunas Komering Betung


1. Latar Belakang

Berawal pada Minggu, 25 Februari 2007, pukul 20.30. Tiga orang, Hasan Daud, Pirus Andi, dan Muslim Thaib, berkumpul di kediaman Hasan Daud. Bersilaturahmi, ngobrol-ngobrol-ngobrol mengenai pascabanjir se Jabodetabek, tentang kehidupan Jakarta dan sekitarnya yang selama ini kami alami. Banyak kejadian-kejadian menimpa sanak famili yang tanpa kita ketahui, seperti musibah kematian. Ini dikarenakan kurangnya informasi dan silaturahmi.

Oleh karena itu, puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-NYA kepada kita. Pada 2 Maret 2007, sebanyak 33 orang berkumpul di kediaman Hasan Daud. Mereka sepakat untuk membentuk perkumpulan Komering Betung. Pada saat itu pula, mereka mengadakan pemungutan suara (voting) untuk membentuk kepengurusan.

Adapun fungsi dan makna dari perkumpulan yang sudah dihimpun ini adalah untuk lebih mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antar-masyarakat Komering Betung di perantauan, khususnya di Jadebotabek dan sekitarnya. Berdasarkan analisa yang ada, sekitar 75% dari masyarakat Komering Betung yang ada di perantauan masih dalam perjuangan dan tentunya masih banyak masalah-masalah atau hal-hal yang menimpa saudara-saudara kita. Untuk itu, kita perlu membantu, baik segi materi maupun tenaga sehingga dapat mengurangi beban saudara-saudara kita yang mungkin terkena musibah.

Berdasarkan hal-hal di atas, maka terbentuklah organisasi yang mewadahi masyarakat Komering Betung khususnya di wilayah Jadebotabek dan sekitarnya.

Adapun susunan kepengurusan yang telah dibentuk berdasarkan hasil pemungutan suara adalah sebagai berikut:

Ketua : H Ruslan Saleh
Wakil Ketua : Pirus Andi
Sekretaris : Bastoni
Wakil Sekretaris : Achyan Baskara
Bendahara : Hasan Daud
Wakil Bendahara : Muslim Thaib

Humas
Ketua : Feriyanto
Wakil Ketua : John Kennedy
Sektor Cipondoh : H Iskandar
Sektor Kotabumi : Irawan Saleh/Leo Yunandar
Sektor Cileduk : Malhan Saleh
Sektor Kebayoran Lama : Basnan
Sektor Jakarta Selatan : Nelson/Perdana Manto
Sektor Jakarta Timur : Ediyanto
Sektor Bintaro : Masduki
Sektor Depok : Leo Yunandar
Sektor Bekasi : Abubakar
Sektor Bogor : Radin Endang
Sektor Bandung : Thamrin Misbah
Sektor Cirebon : Zaidan
Sektor Ciamis : Sudirman

Sedangkan Dewan Penasehat yang telah ditunjuk oleh Ketua Umum antara lain:
1. Danial Thaib
2. Rizagana
3. Irawan Santika
4. Tjekwani Saleh

2. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan serta hakekat perkumpulan ini adalah selain untuk mempererat tali silaturahmi juga untuk mengurangi beban keluarga yang terkena musibah, terutama dalam hal kematian.

Oleh karena itu, berdasarkan hasil musyawarah untuk setiap peserta perkumpulan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 per kepala keluarga, dan iuran bulanan sebesar Rp 2.000 per kepala per bulan. Hasil penumpulan dana tersebut digunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah, dimana setiap anggota yang terkena musibah meninggal dunia, ahli warisnya akan mendapatkan santunan sebesar Rp 1.500.000.

Selanjutnya pada tanggal 7 Maret 2007, rapat kembali diadakan di kediaman ketua umum, yaitu Bapak Ruslan Saleh. Pertemuan itu membahas tentang formulir pendaftaran, kewajiban dan fungsi dari setiap peserta/anggota perkumpulan ini. Pertemuan itu dihadiri oleh para pengurus inti.

Dari pertemuan itu disepakati untuk memperluas wilayah jangkauan tidak hanya di wilayah Jadebotabek, tetapi juga Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Perkumpulan ini diberi nama “TUNAS KOMERING BETUNG” dengan moto “Jadi Sai Kita Raidai”.

Selanjutnya, untuk membahas hal lainnya, maka pertemuan kembali diadakan pada tanggal 11 Maret 2007. Pertemuan digelar di kediaman Bapak Drs Danial Thaib. Dalam pertemuan itu dibahas mengenai sistem pengumpulan dana, dan donatur untuk persiapan memulai kegiatan organisasi dengan niat dan kebersamaan.

Pada tanggal 17 Maret 2007, pertemuan kembali digelar. Kali ini, pertemuan diadakan di kediaman Bpk Feriyanto. Pertemuan itu dalam rangka peluncuran formulir pendaftaran keanggotaan. Dengan ucapan Bismillahirrohmanirrahim, kegiatan Tunas Komering Betung resmi dimulai. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-NYA.



Wassalam,

Hormat Kami


ttd


Bastoni, Sekretaris
Drs H Ruslan Saleh, Ketua


http://tunaskombet.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar